24 June 2009

Menjalankan Kewajiban Sebagai Seorang Anak

Sebetulnya cerita ini adalah sambungan dari cerita berjudul Wow sebelum ini. Tapi entah kenapa karena saya suka bertele-tele jadi aja prolognya kepanjangan dan ealah malah jadi satu tulisan sendiri...

-- Tuhkan ini aja udah mulai nunjukkin gejala kepanjangan

Oke, oke...
Penting banget ya...
Mau pulang aja pake dilaporin di blog kayak nuyuy aja. Pulang di pertengahan Juni kemarin sangat mendadak. Pokonya saya dapet wangsit mimpi untuk pulang (udah diceritaiiiiiinn di "Wow" tuh..). Ya udin datanglah ke loket stasiun Gambir dan beli tiket. Uhuhuhuhu, ternyata yang sisa tinggal Gajayana doang, dengan harga sama ke Malang padahal ekeh cuman nebeng ke Purwokerto ya olo... Sepertiga jalan juga kaga kali.. Rugi ndul. Tapi demi wangsit maka dijalankanlah ritual ini. Eits, pesan mentor bang Farid semasa TPB, "Menjenguk orangtua adalah kewajiban seorang anak" Nahlo... Saya kan cuma mau menjalankan salah satu kewajiban saya sebagai anak. Kekekekeke...

Kok perasaan gak enak ya.. Ternyata lupa pesen posisi tempat duduk crooott.. Biasalah, kalo beli tiket saya suka pesen posisi tempat duduk... Pesen dalam arti sesungguhnya lho,
"Mbak, saya mau yang jendela agak ke tengah ya...".
Dalem ati si mbak loket, "Heh, bawel amat sih ni orang, minta jendela juga paling ditinggal tidur.. Rese.. Tapi gapapa deh, mumpung ganteng, saya kasih aja.." Kyukyukyukyukyu....

Nah itu dia, saya gak ngeluarin instruksi kayak gitu, jadi aja dikasi korsi dengan nomer tempat duduk, tetereteteeett... 13C.. Bukan masalah angka 13 yang dikhawatirkan menjadi bangku angker di kereta (Eh, bagus juga ya kalo ada judul film kayak gitu, yang maen Jupe sama Kirun). Kalo anda semua tau, korsi nomer 13 di first class itu adalah korsi penjaga toilet huhuhuhuhu.... Apalagi yang C, autis.. Ya beginilah:

Untung di paling blakang, kalo di depan, aduh mak... Berasa kayak sopir bus kali. Sendirian di depan. Tapi kalo kayak gini enak juga sih, jadi bebas mau ngapa-ngapain. Mau ngorok, mau ngiler, mau nangis juga ga ada yang tau. Dan lebih bagus lagi, Gajayana kayaknya jadi kereta pertama yang ada colokannya deh. Jadi lebih asyik masyuk menjalani kesendirian dalam hidup ini. Asyik...masyuk... Hush!

Tepat jam 17.30 brangkat yuhu... balapan sama KRL di Manggarai, balapan sama odong-odong di Cipinang juga. Menang. Gak penting. Sekitar jam 19.00 dibagi makan malam yang dari jaman dulu udah 10 taun kayaknya menu masih sama telor dadar segede sendok ditambah rolade daging plus bihun goreng sama pisang sama kurupuk udang.. Boss.. Indonesia kaya akan kuliner gitu loh.. Skali-kali masak rendang kek... Sate buntel, dabu-dabu, papeda gitu..

Di jalan iseng nelpon mamah (ssaahh...) kalo anak lelaki sematawayangnya jadi pulang. Kyuyuyuyuyu...

Anak : Tut, tut, tut, tut, tut, tut, tut, tut, tut, tut, tut, tut,,, (bunyi hape dipejet)
Ibu : "Tak gendong kemana-mana, tak gendong kemana-mana... Enak to? Mantep to?" (bunyi RBT)
Anak : "Alooohh... (nada ABG nelpon). Salamikum.. Mamah?"
Ibu : "Iya, anakku, apa kabar? Apa baikbaik saja? Syukurlah kalau baikbaik saja. Kami disini juga baikbaik saja. Sudah ya..."
Anak : "Loh..loh.. Mak.. Kok sudah-sudah.. Ayo lanjutkan!"
Ibu : "Oiya, mamak lupa. Ingetnya lebih cepat lebih baik sih.. Ada apa wahai anakku?"
Anak : "Mak.. aku jadi pulang nih, masakin yang enak yak"
Ibu : "Ah kamu gak pulang juga mamak masaknya enak kok"
Anak : "Oiyaya"
Ibu : "Naek apa?"
Anak : "Naek kereta"
Ibu : "Kereta apa?"
Anak :"Kereta api"
Ibu : "HEBBAT LO.... ya iyalah masa naek kereta kuda? Ini kan hari jumat... Naik kereta kudanya tar hari minggu turut sama ayah ke kota."
Anak : "Mamak.. rumah kita kan udah di kota"
Ibu : "Oiyaya.. Ya udin, nyampe jam berapa coy? Mau dijemput gag neh?"
Anak : "Biasa kale mak, jam 11. Gak usah dijemput. Aku kan nelpon cuma mau ngasih tau aja kalo mau pulang, bukan mau dijemput..."
Ibu : "Ooo ya udah kebeneran, ini Inayah lagi rame, gak bisa ditinggal. Ati2 ya nak.."
Anak : "Atiati gimana mak? Aku kan tinggal molor.. Yang harusnya ati-ati masinisnya dong.. Kita kan cuma nebeng"
Ibu : "Oiaya.. ya udah cepetan"
Anak : "Lah mamake priben jane, pikire inyong sing nggenjot apa ya?"
Ibu : "Ah banyak cerita, sudah ya mamak tunggu di rumeh".

Akhirnya setelah menempuh perjalanan sejauh 438 kilometer selama 5 jam 23 menit nyampe juga di Purwokerto kota SATRIA Sejahtera Adil Tertip Rapi Indah Aman. Turun dari kereta, celingak celinguk kanan kiri sembari para tukang ojeg dan tukang beca menawarkan dagangannya... Yah... beneran gak dijemput.. Ngojek.

3 comments:

mecaonic said...

ajatttttttttt.....
aku terpingkalpingkal membaca dialog antara anak dan ibunyaaa..
dan wondering apakah mereka benar adanya..
hakhkahkhakhakhakhak.. :D

*kren kan gw ngasi2 komen? :p

DARAJAT MULYANTO said...

huehehe... intinya sih bener begitu ta... cuman bahasanya emang berbumbu sedikiiiitt..

Dimas said...

maneh anak tidak berbakti beul masak ngobrol santay (ngontay) ama nyokap sendiri kayak begitu. WOY APDET WOOOOYYYYY