20 February 2007

Marching Band


Gara-gara ngliat anak-anak marching band pada latihan, saya jadi inget masa lalu. Dulu, sekitar kelas 5 SD, saya ngotot pengen banget ikutan MB-nya kantor babeh. Sampe nangis-nangis waktu itu minta didaftarin. Yah.., beberapa minggu setelah berjuang akhirnya permohonan saya itu diterima juga. Gabunglah kita di Marchingband "Purwojaya" (Hihihi... namanya gak bangget). Setiap minggu sore latian di halaman parkiran stasiun. Kalo ujan latiannya bisa dipindah ke dalem peron stasiun. Lumayan kan sekalian buat hiburan yang lagi pada nunggu kereta. Trus kalo ada kereta dateng, penumpang yang baru turun biasanya ngeliatin. Wuiihh.. bangganya setengah mati. Padahal..., waktu itu kan saya disuruh niup terompet. Tapi ternyata niup terompet itu susah gak ketulungan.. Terompet itu gak ditiup kali ya, tapi lebih tepatnya, disembur. Udah berminggu-minggu latihan tetep aja bunyinya gak oke. Malah kayak gajah, gak ada merdu-merdunya. Sampe akhirnya penampilan perdana saya tiba. Awal tahun 1996 MBP (marching band purwojaya, hehe) diundang buat konser (bleh!) di peresmiannya stasiun Purworejo (bukan Purwokerto, sekitar 100 km dari Purwokerto). Tapi saya masih belum bisa nyembur terompet juga. Padahal lagu yang dibawain lumayan banyak. Ada lagu Naik Kreta Api, Bungong Jeumpa, Surabaya oh Surabaya, Kapan-Kapan-nya KoesPloes, sampe Tenda Biru-nya Desi Ratnasari.

Berhubung pelatihnya temen babeh, dan dia gak tega buat ngeluarin saya, akhirnya saya tetep diikutin jadi anggota inti penyembur terompet. Tapi.., cuman akting doang. Jadi, gaya-gayaan saya aja yang sok-sok niup terompet, padahal mah kagak. Yah, lipsing lah. Hahaha nista banget ya. Maksa! Si babeh juga gak tau kalo waktu itu saya cuman lipsing niup trompetnya. Dia bangga banget duduk di kursi undangan sambil ngeliat anaknya yang berbakat di bidang musik ini tampil di depan pak mentri. Andai beliau tahu...

Gak cuma di momen itu aja. Waktu ada festival MB se-Karesidenan, trus karnaval pas 17 Agustusan, sampe penyambutan Pak Dirut Perumka (dulu belum PTKA) semua dilakukan dengan curi-curi. Yang tau cuma Allah SWT, pak pelatih yang baik hati, dan temen di sebelah barisan saya. Uhuy!

Tapi karier saya disana tidak bertahan lama. Karena setelah lulus SD dan masuk SMP, tentu saja saya memutuskan untuk keluar dan gabung ke ekskul MB di sekulah, dan ternyata pelatihnya dia-dia juga..

Foto: MB IPDN dari webnya korpri

1 comment:

Ultimate reader said...

aku dulu juga pengen ikutan marching band SMP jat, tapi malu euy, sadar diri,, hehe