20 March 2007

Gimana Saya Entar?

Saya punya sodara sepupu yang bener-bener hebat. Walopun dia umurnya dua taun lebih muda (brati seumuran ade saya ya..) tapi dia bener-bener dewasa dan bisa diandalkan banget sama keluarganya. Pokonya salut lut lut... Jadi dia tuh pernah ngalamin broken home gitoh. Dia bener-bener kecewa berat sama bokapnya dan berani ngajakin ngobrol empat mata sama bokapnya buat mecahin masalah di keluarganya. Tapi kayanya susah dicari solusinya.

Trus semenjak kakek saya meninggal, nyokap sama dua adenya yang masih SD pindah ke rumah kakek di Purwokerto. Dia sendiri masih di Jakarta, kerja di salah satu provider seluler terkemuka di negeri ini yang saya percayai. Hehe. Bokap sama adenya yang baru lulus SMA kemana? Wah maap banget saya gak tau pasti cerita pihak ini. Intinya saya cuman tau cerita sang pemeran utama.

Nah disini dia bener-bener jadi tulang punggung keluarga. Gajinya yang menurut saya sangat lumayan untuk seorang anak muda jebolan STM bisa ngehidupi ibu dan ade-adenya yang masih SD. Pas salah satu adenya ngamuk gara-gara minta ikut les karate, dia juga yang nanggung semua. Pas adenya yang paling gede keabisan duit di Bandung, dia juga mau bantuin. Pokonya dia bener-bener sayang sama ade dan ibunya. Gak jarang dia telpon ke adenya yang perdil-perdil dan kasih nasehat buat rajin-rajin belajar, jangan nakal, jangan nyusahin mamah...

Yang pasti dia ituh sanggup ngegantiin peran kepala keluarga walopun baru 19 taun. Saya tau cerita ini dari bapa setiap saya pulang ke Purwokerto. Dalem hati saya bener-bener salut sama anak itu. Anak hebat. Dan saya sering banget kepikiran, bisa gak sih saya diandelin sama bokap nyokap? Lulus kuliah saya mau ngapain? Bener-bener bingung degh... mana anak cowo satu-satunya.. duh..

No comments: